Telaga Pacuh

Wisata Alam Paco (WAP), berada di Dusun Pacuh, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok. Lokasi obyek wisata ini cukup strategis karena berada di antara obyek wisata komplek Candi Penataran dan Candi Gambar Wetan. Selain itu, lokasi obyek ini juga berada di pinggir jalur alternatif Blitar – Obyek Wisata Gunung Kelud. Secara umum rute menuju Wisata Alam Paco adalah: Blitar – Nglegok – pertigaan sebelum pintu masuk kawasan wisata Penataran ke kanan (ke arah Perkebunan Candi Sewu) –  Wisata Alam Paco berjarak .Lokasi hutan lindung ini mulai dikembangkan sejak Maret 2011 lalu. untuk menuju ke telaga pacuh bisa menggunakan moda transportasi seperti sepeda motor, mobil dan elf. 




Lahan seluas 5,21 hektar itu terdapat hutan lindung dan sumber air yang membuat hawa sejuk menyelimuti lokasi wisata di Blitar utara ini.  Di area tersebut dibangun berbagai fasilitas pendukung wisata seperti taman, toilet, gazebo, dan jungle track. Hingga saat ini, masih terdapat banyak pohon karet bolu yang berumur ratusan tahun. Selain itu juga terdapat Telaga Pacuh, sumber air seluas sekitar satu hektar yang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk memancing. 
Wiasata Alam Paco buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai Pukul 16.00 WIB. Untuk menikmati keasrian Wisata Alam ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000,-. Dengan tariff yang sangat murah ini pengujung sudah dapat menikmati suasana alam Paco yang asri. Mungkin foto-foto berikut dapat menggambarkan keasrian Kawasan Wisata Alam Paco.


wisata alam paco cocok untuk wisata keluarga, dan rekreasi dengan suguhan pemandangan yang indah. namun ditengah potensi yang dimiliki telaga pacuh terdapat beberapa kendala pengembangan yakni pengembangan yang stagnant oleh pemerintah setempat. meskipun terdapat ataksi baru ternyata belum mampu menarik minat wisatawan pada umumnya. ditambah lagi dengan akses jalan yang sulit karena dilalui oleh truk penambang pasir.  sehingga dalam pengembangan perlu adanya strategi yang relevan agar objek wisata tersebut berkembang dengan baik

Komentar