Alun-Alun Kota Blitar

Alun-Alun Blitar merupakan salah satu daya tarik wisata yang terdapat di pusat kota Blitar. Keberadaannya telah cukup lama ada dan dibangun hampir bersamaan dengan berdirinya pusat pemerintahan di daerah ini. Dalam kurun waktu tertentu, Alun-Alun Blitar mengalami banyak perubahan karena pemerintah setempat berupaya mempercantik lokasi strategis yang berada di pusat kota.Alun-Alun Blitar (Aloon Aloon Blitar) berada di pusat kota Blitar tepatnya di Jl. Merdeka Blitar. Lokasi Alun-Alun Blitar berada di pusat kota Blitar yang dikelilingi beberapa bangunan diantaranya Masjid Agung Blitar berada di sebelah barat, Kantor Walikota berada di sebelah selatan, Gedung Pemerintahan, Bank, Pertokoan, dan sebagainya. Tata kota Blitar masih menggunakan desain alun-alun pada zaman kerajaan islam dimana alun-alun dikelilingi oleh masjid dan pemerintahan.
Alun-Alun Blitar didesain hampir sama seperti alun-alun pada umumnya di kota lain. Alun-Alun Blitar memiliki ciri sebuah tanah lapang yang luas pada bagian tengahnya terdapat satu pohon beringin berukuran besar. Tanah lapang yang berada di tengah alun-alun sebagian besar ditanami rumput. Bgagian tepi alun-alun yang dahulu didominasi pohon beringin diganti dengan pohon palm karena pelebaran jalan. Kesan modern tampak pada desain Alun-Alun Blitar walaupun beberapa bangunan yang ada hanya dipugar dilestarikan keasliannya. alun alun ini cocok untuk wisata anak dan keluarga serta rekreasi, tidak perlu membayar tiket masuk hanya untuk parkir Rp. 2000.  dan tersedia kuliner blitar melingkar diluar alun alun.   

 Beberapa fasilitas wahana bermain anak tersedia disini
Fasilitas olahraga yang ada di alun alun
Warung-warung pedagang kakilima yang dulu memenuhi kawasan Alun-Alun Blitar sekarang dilarang berjualan di dalam alun-alun. Pemerintah daerah melakukan penataan pedagang kakilima yang dianggap merusak citra alun-alun yang terkesan membuat kotor, kumuh, dan tidak enak dipandang. Tanpa adanya pedagang kakilima di kawasan Alun-Alun Blitar, suasana menjadi tampak indah, bersih, dan enak dipandang. Saat ini pedagang kakilima yang mengalami penataan menempati bagian luar pagar kawasan Alun-Alun Blitar.
Alun-Alun Blitar merupakan hiburan rakyat yang murah dengan lokasi yang cukup strategis. Baik pengunjung yang berusia muda hingga berusia lanjut menyempatkan mampir di tempat ini sekedar bersantai atau nongkrong bersama kawan-kawannya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Alun-Alun Blitar merupakan salah satu daya tarik wisata di pusat kota Blitar selain makam bung karno.
Pembenahan Alun-Alun Blitar yang dilakukan oleh pemerintah cukup sukses dan mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Walaupun harus merubah total konsep sebuah alun-alun dari konsep asli alun-alun pada zaman dahulu yang hanya berupa tanah lapang tanpa adanya bermacam-macam fasilitas pendukung.

Komentar