Kebun Kopi De Karanganjar Koffieplantage

Perkebunan Kopi Karanganyar secara administratif terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kab. Blitar dengan Koordinat : 7°59'49.2"S 112°14'25.4"E. Letak perkebunan ini cukup strategis karena berada tak jauh dari Kawasan Wisata Penataran dan sejalur dengan beberapa destinasi wisata Blitar utara lainnya. Untuk menuju Perkebunan Karanganya berikut rute yang bisa digunakan: Pertigaan Pasar Penataran ambil kanan ke arah Desa Modangan – Sesampai perempatan Kantor Desa Modangan ambil kiri searah dengan petunjuk arah menuju Arca Warak dan Kampoeng Melon – Ikuti jalan yang tersedia hingga tiba di kawasan Perkebunan Karanganyar. akses jalannya mudah dijangkau dengan kondisi sediki rusak. namun masih bisa dijangkau dengan motor, mobil juga elf. 
Perkebunan kopi Karanganyar saat ini telah menjadi salah satu ikon wisata baru di Kabupaten Blitar. Sejak awal tahun 2016 tempat ini ramai dikunjungi. Bukan tanpa sebab, karena perkebunan ini mempunyai sisi keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tempat-tempat lain di Blitar. Nuanasa kolonial Belanda sangat kental terasa ketika Anda memasuki area ini, tempat yang juga merupakan Caffe ini menyuguhkan suasana yang unik dan nyentrik.  

Pemilik perkebunan kopi Karanganyar adalah keluarga Denny Moch Roshadi, salah satu keluarga terpandang di Blitar. Kebun kopi seluas 250 hektar ini memiliki beberapa spot yang unik untuk dijadikan sebagai tempat foto. Selain itu, ada pula gamelan jawa yang ditabuh oleh para nayaga yang akan menambah suasana klasik tempat ini. Di perkebunan kopi Karanganyar pengunjung dapat menikmati wisata edukasi kopi dan juga wisata budaya Blitar. Koleksi lukisan dari Tibet akan membuat siapa saja merinding dan kagum melihatnya. tidak perlu khawatir tentang makanan karena di tempat wisata ini terdapat kafe yang menyediakan berbagai jenis makanan dan outlet ice cream. 
Setiap tahunnya terdapat event yang tak boleh terlewatkan di perkebunan Karanganyar yaitu ritual petik kopi atau Manten Kopi. Ritual yang bertempat di area perkebunan hingga ke Makam/Punden Nitisari Gadhung Melati dan mata air Kucur 35 ini diselenggarakan untuk menandai musim petik dan giling.
.

Saat ini para remaja sangat gemar melakukan foto untuk di Upload di media sosial baik Instagram, Facebook, ataupun yang lainnya. Hal ini merupakan pasar yang menjanjikan untuk dibidik para pengusaha pariwisata untuk menyediakan spot foto yang unik, menarik, dan klasikPerkebunan Kopi Karanganyar memiliki kriteria untuk menjadi spot foto yang keren. Spot foto yang paling diminati pengunjung adalah bangunan yang bertuliskan "DE KARANGANJAR KOFFIEPLANTAGE". View terbuka ini bisa didapat dari halaman area sebelum memasuki wilayah perkebunan kopi Karanganyar, Blitar. semua keindahan tersebut bisa dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5000 saja dan parkir Rp 1000
Mengingat potensi yang cukup besar tersebut bila dikembangkan dengan baik maka akan mendatangkan income yang lebih baik. Jika saat ini Perkebunan Karanganyar dikelola oleh perorangan/swasta untuk mengembangkan sangat disarankan untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah, masyarakat sekitar, serta pengusaha pariwisata. Pengembangan potensi wisata Perkebunan Kopi Blitar masih terus dilakukan untuk menambah daya tarik tempat ini, sampai saat ini telah dibangun museum purnabakti, camping ground dan museum pusaka. 


Komentar