Candi Penataran

kawasan wisata penataran berlokasi di desa penataran kecamatan nglegok dengan jarak 14 km ke arah utara kota blitar. akses jalannya sangat mudah bis ditempuh dengan sepeda motor, mobil, elf, minibus, bus. daya tarik utamanya adalah candi terbesar di Jawa Timur . candi penataran yang dibangun selama hampir 257 tahun mulai jaman kerajaan kediri hingga kerajaan majapahit pada masa pemerintahan raja jayanegara hingga raja wikramwardhana.


 beberapa wahana rekreatif tersedia dikawasn wisata penataran yaitu spot foto,

 kolam renang baik anak-anak dan dewasa dengan kolam renang berstandar internasional dan ada beberapa wahana yaitu flying fox melintas diatas kolam renang: danau kecil, perahu boat, sepeda air yang bersebelahan dengan panggung pertunjukan, fasilitas karaoke bagi pengunjung. lapangan tenis yang berebelahan dengan tempat penangkaran rusa dan beberapa jenis hewan lain yang sangat diminati anak-anak, gedung diorama p4, raiser ikan koi. sehingga tempat wisata ini cocok untuk wisata anak dan keluarga serta edukatif terutama bidang sjarahnya.
Candi penataran juga digunakan sebagai salah satu tempat rutin untuk pagelaran purnama seruling penataran yang rutin dilakukan sekitar 3 bulan sekali. Saat ini belum ada jadwal rutin dari Purnama Seruling Penataran. Candi penataran adalah core dari pengembangan wisata kabupaten blitar yang tertuang dalam RTRW, karena candi penataran memiliki nilai sejarah. tiket masuk untuk kawasan penataran Rp. 10.000.

Komentar